Rabu, 02 Juni 2021

Mulberry Pohon Berkhasiat

rangkangbelajar.com| Diawali dari iseng mengisi waktu luang, setelah bekerja sebagai salah satu ASN di Kabupaten Aceh Utara, Bang Ucok (begitu Admin memanggil beliau), yang awalnya sangat hobi berolahraga futsal, sejak pandemi Covid-19 hobinya beralih ke halaman rumah. Di tanah kosong depan rumahnya, Bang ucok banyak menanam aneka tumbuhan hias. Ada Cactus, bonsai kelapa, bonsai kimeng, dan banyak lagi jenis tanaman hias lainnya. Termasuk juga beberapa tumbuhan yang mengandung khasiat kesehatan, antara lain adalah: strawberry, anggur brazil, asam jawa, dan murbei yang biasa juga dikenal dengan sebutan Mulberry.
“Setelah agak fakum dari hobi olahraga futsal, sejak pandemi Covid-19 ini, sekarang saya banyak menghabiskan waktu di sore hari untuk merawat tanaman hias dan tanaman-tanaman lainnya yang banyak mengandung manfaat kesehatan (opatek hidup). Sebenarnya, selain mengasyikkan diri dengan tanaman, saya juga mencoba membudidayakan ikan cupang. Untuk hobi baru ini, saya mencoba berbagi ilmu, pengalaman, sekaligus terus belajar menanam, merawat, menghias, dan membudidayakan tanaman-tanaman serta ikan-ikan cupang ini melalui kanal youtube BONSAI & BETTA. Semoga saja dapat menjadi media edukasi bagi banyak orang." 
Begitulah aktivitas Bang Ucok saat ini. Bang Ucok berharap, hobi barunya akan mendatangkan manfaat bagi diri dan keluarga, dan terutama manfaat bagi banyak orang.
Salah satu tanaman yang menjadi perhatian Admin rangkangbelajar.com di halaman rumah Bang Ucok dan sepertinya penting untuk diulas, adalah tanaman Murbei yang biasa juga disebut dengan Mulberry. Ternyata tanaman ini banyak sekali mengandung manfaat kesehatan. Sebagaimana yang dikutip dari beberapa sumber, bahwa bukan hanya buah murbei yang memiliki banyak khasiat, daun murbei juga demikian. Banyak penelitian yang membahas tentang manfaat buah dan daun murbei (mulberry), antara lain adalah penelitian yang dilakukan oleh Carolanne Wright dengan judul “The Next Big Health Marvel: Mulberry Tames Cancer, Inflammation, Alzheimer's and More” (Keajaiban Kesehatan Besar Berikutnya: Mulberry Menjinakkan Kanker, Peradangan, Alzheimer, dan Banyak Lagi). Dari laman https://www.naturalnews.com/042756_mulberry_health_marvel_nutrient-dense_foods.html, Saturday, November 02, 2013 dikatakan bahwa, manfaat buah Mulberry dan daun ajaibnya, antara lain adalah sebagai berikut:
Mulberry adalah pilihan karbohidrat rendah yang bagus, dengan kadar gula yang lebih rendah daripada buah kering populer lainnya. Mulberry menyediakan 20 persen kebutuhan harian yang mengesankan hanya dalam 1/3 cangkir. Buah beri merupakan sumber protein yang baik, dengan 4 gram per porsi. Karena tingkat resveratrol yang penting, buah beri memiliki sifat anti-carcinogenic dan anti-inflamasi.
  • Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak murbei putih menghambat baik hepatitis C maupun HIV.
  • Mereka yang khawatir tentang Parkinson atau Alzheimer bisa tenang. Studi menunjukkan bahwa mulberry menawarkan manfaat pelindung saraf yang signifikan.
  • Penuh dengan anthocyanin, murbei menangkal infeksi bakteri dan virus, peradangan, kanker dan diabetes. Buah juga melindungi terhadap efek penuaan.
  • Ekstrak air berry memiliki atribut anti-obesitas pelangsing.
  • Kadar gula darah juga dijinakkan dengan murbei. Deoxynojirimycin (DNJ) adalah penghambat glukosidase ampuh yang ditemukan di daun mulberry. Para ilmuwan percaya DNJ secara nyata meminimalkan risiko diabetes mellitus.
  • Mulberry juga merupakan pembangkit tenaga nutrisi. Kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin C dan K, serta zat besi, kalium, mangan, dan magnesium, buah beri membantu membentengi penyakit menular dan mendorong stamina sambil mengatur tekanan darah dan detak jantung.
Dengan kualitas yang menginspirasi kesehatan seperti yang dikemukakan, sepertinya cocok bagi kita untuk mengkonsumsi Mulberry sebagai makanan sehari-hari atau menikmati secangkir teh daun murbei. Jika setiap kita memiliki pohon Mulberry, maka itu akan lebih baik. Mulberry segar membuat tambahan rasa yang tajam dan lezat untuk dicampurkan ke dalam makanan lainnya, atau dijadikan sereal. Dengan cara apa pun kita dapat menikmati kenikmatan yang mengandung nilai sehat dari pohon Murbei. (Admin)
Sumber bacaan lain:
  1. Hiroshi Sakagami, Kazuhito Asano, Kazue Satoh, Keiso Takahashi, Masaki Kobayashi, Noriko Koga, Hitomi Takahashi, Rieko Tachikawa, Tadamasa Tashiro, Akihiko Hasegawa, Kaeko Kurihara, Takeshi Ikarashi, Taisei Kanamoto, Shigemi Terakubo, Hideki Nakashima, Satoru Watanabe, Wataru Nakamura. (2007). “Anti-Stress, Anti-HIV and Vitamin C-synergized Radical Scavenging Activity of Mulberry Juice Fractions”.  GreenMedInfo. In Vivo. 2007 May-Jun; 21(3): 499-505. PMID: 17591360. Accessed from: https://www.greenmedinfo.com/article/mulberry-juice-has-anti-hiv-activity.
  2. Jeong, Ji Cheon;Jang, Sang Won;Kim, Thae Hyun;Kwon, Chae Hwa;Kim, Yong Keun. (2010). “Mulberry Fruit (Moris Fructus) Extracts Induce Human Glioma Cell Death in Vitro Through ROS Dependent Mitochondrial Pathway and Inhibits Glioma Tumor Growth in Vivo”, science.naturalnews.com. Accessed from https://science.naturalnews.com/pubmed/20358478.html.
  3. Lee, Chooi Yeng; Cheng, Hwee Ming; Sim, Si Mui. (2007). Mulberry Leaves Protect Rat Tissues From Immobilization Stress Induced Inflammation. BioFactors (Oxford, England). science.naturalnews.com. Accessed from: https://science.naturalnews.com/pubmed/18806306.html.
  4. Toshiyuki Kimura, Kiyotaka Nakagawa, Hiroyuki Kubota, Yoshihiro Kojima, Yuko Goto, Kenji Yamagishi, Shigeru Oita, Shinichi Oikawa, Teruo Miyazawa. (2007). “Food-Grade Mulberry Powder Enriched with 1-Deoxynojirimycin Suppresses the Elevation of Postprandial Blood Glucose in Humans”. National Library of Madecine. 2007 Jul 11; 55 (14): 5869-74. Accessed from: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17555327/.
  5. Isabelle, Mia; Lee, Bee Lan; Ong, Choon Nam; Liu, Xueming; Huang, Dejian. (2008). “Peroxyl Radical Scavenging Capacity, Polyphenolics, and Lipophilic Antioxidant Profiles of Mulberry Fruits Cultivated in Southern China. science.naturalnews.com. Accessed from: http://science.naturalnews.com/pubmed/18817415.html.
Lihat tanaman Murbei/Mulberry Bang Ucok di kanal Youtube: 
 
Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect