Rabu, 10 November 2021

Pesantren Efektif (Model Teori Integratif Kepemimpinan-Komunikasi-Konflik Organisasi)

Deskripsi Buku

Judul Buku: 
Pesantren Efektif (Model Teori Integratif Kepemimpinan-Komunikasi-Konflik Organisasi)

Penulis: 
1. Prof. Dr. H. Mukhtar Latif, M.Pd. 
2. Dr. Risnita, M.Pd. 
3. Dr. Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo, M.Pd.

Halaman: 
xiv, 187 hlm, Uk: 15.5x23 cm
ISBN: 
978-623-02-0982-6
Cetakan: 
Mei 2020

Buku ini adalah penilaian kritis dari basis pengetahuan manajemen tentang efektivitas pengelolaan lembaga pendidikan. Pesantren hadir sebagai warisan kultur bangsa yang telah berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa. Sayangnya, perkembangan pesantren yang masif saat ini tidak dibarengi dengan peningkatan mutu dalam hal proses pendidikan dan pengajaran. Ambiguitas peran tersebut seakan mengancam eksistensi pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam. Pesantren banyak yang muncul kemudian tenggelam menjadi bukti gagalnya pengelola lembaga. Kepemimpinan tanpa dibarengi visi misi yang jelas seakan menegaskan pesantren sebagai lembaga pendidikan kelas dua. Untuk itu, diperlukan sebuah kajian teoretis guna mengukur efektivitas pengelolaan pesantren melalui teori kepemimpinan, komunikasi, dan konflik organisasi.

Paparan dalam buku ini mencakup kajian teori manajemen dan perilaku organisasi dalam sub bahasan kepemimpinan, komunikasi, dan konflik organisasi yang secara lengkap tergambar dalam sistematika pembahasan berikut:

Bab I (pendahuluan) yang meliputi: 1. Problematika Pendidikan Pesantren, 2. Akar Masalah Pendidikan Pesantren, 3. Pengertian Pondok Pesantren, 4. Karakteristik, Fungsi, dan Tujuan Pesantren, 5. Jenjang Pendidikan dan Kurikulum Pesantren, 6. Desentralisasi Pendidikan, 7. Upaya Peningkatan Mutu Pesantren, dan 8. Kemandirian Pesantren.

Bab II (Efektivitas Organisasi Pesantren) yang meliputi: 1. Konsep Efektivitas Organisasi, 2. Efektivitas dalam Kajian Islam, 3. Pendekatan dalam Memahami Efektivitas, 4. Komponen Efektivitas Organisasi, dan 5. Model Konsep Efektivitas Organisasi.

Bab III (Kepemimpinan Transformasional) yang meliputi: 1. Kepemimpinan dalam Islam, 2. Kepemimpinan Pesantren, 3. Kompetensi Manajerial Pimpinan Pesantren, 4. Parameter Kompetensi Manajerial Pimpinan Pesantren, 5. Konsep Kepemimpinan Transformasional, dan 6. Indikator Kepemimpinan Transformasional.

Bab IV (Komunikasi Interpersonal) yang meliputi: 1. Komunikasi dalam Islam, 2. Pengertian dan Tujuan Komunikasi Interpersonal, 3. Sifat dan Jenis Komunikasi, 4. Faktor Penghambat Komunikasi, 5. Proses dan Elemen Komunikasi, 6. Komponen Komunikasi Interpersonal.

Bab V (Konflik Organisasi) yang meliputi: 1. Konflik dalam Islam, 2. Pengertian Konflik dalam Organisasi, 3. Pandangan terhadap Konflik, 4. Proses dan Pengelolaan Konflik, 5. Hubungan Konflik Organisasi dan Efektivitas Organisasi, dan 6. Indikator Konflik Organisasi. 

Bab VI (Modernisasi Pesantren dan Manajemen Berbasis Pondok Pesantren) yang meliputi: 1. Modernisasi Pesantren, 2. Lahirnya Manajemen Berbasis Pondok Pesantren (MBPP), 3. Pengertian MBPP, 4. Tujuan MBPP, 5. Karakteristik Pelaksanaan MBPP, 6. Pembaharuan Pengelolaan Pesantren melalui MBPP, dan 7. Peningkatan Kinerja SDM melalui MBPP.

Bab VII (Kinerja Pendidik) yang meliputi: 1. Konsepsi Kinerja, 2. Konsep Pendidik di Pesantren, 3. Konsepsi Kinerja Pendidik, 4. Faktor Pendorong dan Penghambat Kinerja Pendidik, 5. Indikator Kinerja Pendidik, 6. Evaluasi Kinerja Pendidik, dan 7. Efektivitas Pengawasan dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik.

Bab VIII (Pesantren Efektif) yang meliputi: 1. Gagasan Pengembangan (a. konsep pesantren efektif melalui kepemimpinan transformasional, b. konsep pesantren efektif melalui komunikasi interpersonal, c. konsep pesantren efektif melalui konflik organisasi, d. konsep pesantren efektif melalui kepemimpinan, komunikasi, dan konflik), 2. Grand Theory sebagai Konstruk Pengembangan Pesantren Efektif melalui Kepemimpinan, Komunikasi, dan Konflik Organisasi, dan 3. Rekomendasi.

Catatan
Buku ini direkomendasikan bagi mahasiswa yang sedang mendalami bidang manajemen pendidikan. Buku ini juga sangat penting bagi pengelola pesantren/dayah dan juga bagi kepala sekolah, guru, serta pengawas yang terlibat langsung dengan pengelolaan pendidikan.

Buku Pesantren Efektif (Model Teori Integratif Kepemimpinan-Komunikasi-Konflik Organisasi) dapat diperoleh melalui: shopee.co.idtokopedia.combukalapak.com 
 
Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect