Selasa, 19 April 2022

Syech Fadhil DPD RI Turun ke Jalan; Berbagi Iftar Berbagi Bahagia

rangkangbelajar.com| Program Berbagi Iftar Berbagi bahagia yang digagas Ikatan Alumni Pesantren Darularah Raya (IKAPDA) telah berlangsung selama 10 hari pada Ramadan 1443 H. ini. Kegiatan hari Selasa 19 April 2022 menjadi istimewa karena dihadiri oleh puluhan anggota IKAPDA Aceh Utara-Lhokseumawe dan perwakilan IKAPDA Bener Meriah serta Anggota Dewan Perwakilan Daerah  (DPD) RI asal Aceh, H. M. Fadhil Rahmi, Lc., M.A. yang turun ke jalan berbagi paket Iftar kepada para pelintas di kawasan Lhokseumawe. Kegiatan yang sederhana namun sarat dengan nilai-nilai kebaikan ini disambut antusias warga yang melintas.


Kegiatan 'Berbagi Iftar Berbagi Bahagia' dilanjut dengan buka puasa bersama, di mana dalam sambutannya, Senator yang kerap disapa Syech Fadhil ini menyampaikan beberapa pesan dan motivasi kepada seluruh anggota IKAPDA yang hadir. Syech Fadhil berharap, agar para alumni, terutama anggota IKAPDA junior untuk terus memperbaiki kualitas diri serta istikamah dalam menebar kebermanfaatan bagi banyak orang (khoiru an-nās anfa’uhum li an-nās). 


Setelah santri menamatkan studinya dari pesantren, maka mereka akan berhadapan dan kembali ke lingkungan keluarganya serta lingkungan masyarakat sekitarnya. Di samping keduanya, ada satu lingkungan yang juga berperan penting dalam mengawal keberhasilan seorang lulusan, yaitu lingkungan komunitasnya (almamaternya). Untuk itu, berperan aktif dan ikut memelihara budaya lingkungan komunitasnya (IKAPDA) menjadi penting sebagai wadah sharing pengalaman, kreasi, dan aktivitas diri. 


Anggota IKAPDA Aceh Utara-Lhokseumawe, telah terhimpun di dalamnya para alumni dari lintas angkatan, usia, dan profesi. Ada yang berprofesi sebagai TNI/POLRI, dosen, guru, wiraswasta dll., yang tentu telah memiliki pengalaman hidup dan bermasyarakat lebih dulu. Untuk itu, para alumni baru (junior) dapat belajar banyak dari pengalaman abang-abang senior mereka. Beliau menegaskan: “Komunitas alumni memiliki peran penting dalam keberhasilan seseorang. Bahkan, keberhasilan saya di dunia politik sehingga menjadi salah satu anggota DPD RI perwakilan Aceh tidak terlepas dari dukungan komunitas IKAPDA dan komunitas lainnya yang saya ikuti”.


Syech Fadhil sendiri merupakan alumni ke-5 Pesantren Darularafah Raya Lau Bakeri Deli Serdang Sumatera Utara, cukup dikenal sebagai Senator yang sangat peduli akan keberlangsungan pendidikan anak-anak kaum du’āfā (anak-anak yatim dan fakir/miskin). Mantan ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh ini telah menjadi orang tua asuh dari sejumlah anak-anak Pulo Aceh dan rutin memberikan perhatian/bantuan kepada anak-anak yatim agar mereka dapat melanjutkan pendidikan.


Senator yang kaya akan pengalaman ini, sebelumnya pernah menjadi pelatih sepak bola, menjadi PNS Kementerian Agama Kabupaten Bireuen (mengundurkan diri dari pada 2013), membuka usaha kecil-kecilan di Banda Aceh dengan menyewa kantin kampus dan rumah makan di Ulee Lheu, anggota Ombudsman RI Perwakilan Aceh tahun 2013 (mengundurkan diri pada tahun 2017) akhirnya memilih karier di jalur politik yang membawanya sebagai anggota DPD RI.


Di akhir sambutannya, Syech Fadhil menyampaikan apresiasi kepada panitia (anggota IKAPDA Aceh Utara-Lhokseumawe dan perwakilan IKAPDA Bener Meriah) kegiatan 'Berbagi Iftar Berbagi Bahagia', atas kekompakan dan kesungguhan menjaga amanah para donatur untuk disampaikan kepada para sā'imīn. Beliau berharap, semoga kegiatan sederhana yang sudah dimulai sejak Ramadan tahun lalu dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya. Secara personal, Syech Fadhil akan terus men-support, sehingga kegiatan sosial ini dapat menjadi ladang amal. (Admin)

Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect