Jumat, 15 April 2022

Berbagi Iftar, Berbagi Kebahagiaan

Berbagi Iftar, Berbagi Kebahagiaan Bersama IKAPDA (Ikatan Alumni Darularafah) Lhokseumawe-Aceh Utara

rangkangbelajar.com| Sudah menjadi kelaziman umat Islam, datangnya Ramadan selalu disambut dengan gembira dan penuh rasa syukur. Mungkin hal itulah yang menjadikan ungkapan “Marhaban ya... Ramadan” menjadi populer sebagai ucapan selamat datang bulan suci Ramadan yang telah membudaya. 

Dalam KBBI, marhaban mempunyai arti ‘selamat datang’, sementara dalam bahasa Arab, kata ‘tarḥīb’ diartikan dengan ‘melapangkan dada, menyambut dengan mesra, senang hati dan suka cita’. Men-tarḥīb Ramadan adalah menyambut bahagia atas datangnya bulan suci yang penuh dengan ampunan, rahmat, dan dijauhkannya para ṣā’im dari api neraka (Ramadan adalah bulan magfirah, raḥmah, dan ‘itqun min an-nār).


Kebahagiaan dalam menyambut Ramadan juga menjadi patut, karena di dalamnya terdapat dua kebahagian bagi mereka yang berpuasa secara benar, yaitu: kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-nya “li aṣ-ṣā’im farḥatāni, farḥatun ‘inda fiṭrihi wa farḥatun ‘inda liqā’i Rabbihi” (Muttafaqun ‘alaihi).


Dalam  menyambut Ramadaan tahun ini (1443 H./2022 M.), Ikatan Alumni Darularafah Raya (IKAPDA) Lhokseumawe-Aceh Utara kembali melaksanakan program berbagi iftar secara gratis dengan mengusung tema “Berbagi Iftar Berbagi Bahagia". Kegiatan ini telah dimulai pada hari keenam Ramadan (8 April 2022) dan akan berakhir dua hari menjelang Idul Fitri. 


Setiap harinya, tidak kurang dari 100 paket iftar dibagikan kepada siapa saja yang melintas di posko pembagian iftar. Teuku Yazid, selaku ketua pelaksana kegiatan menyatakan: “Untuk tahun ini, Insyaallah, program akan dilaksanakan selama lebih kurang 20 hari. Ada sedikit perbedaan konsep pembagian dibanding tahun sebelumnya yang hanya mengambil tempat di seputaran Taman Riyadhah Kota Lhoseumawe. Tahun ini, berbagi iftar akan dilakukan bergilir ke beberapa tempat (kecamatan atau desa di wilayah Lhokseumawe-Aceh Utara), seperti: Kota Lhokseumawe, Desa Blangtuphat, Desa Alue Awe, Geudong, kemudian berlanjut ke Krueng Guekueh, dan Lhoksukon Aceh Utara.


Sejauh pantauan Admin rangkangbelajar.com, program Berbagi Iftar Berbagi Bahagia bersama IKAPDA yang telah berlangsung tujuh hari, telah didistribusikan sebanyak (lebih kurang) 750 paket. Artinya, panitia harus mempunyai budget tidak kurang dari enam ratus ribu rupiah setiap harinya. Mengenai hal ini, Hend Rahmadi selaku bendahara kegiatan menyampaikan: “Alhamdulillah... dana untuk program ini terkumpul dari sumbangan anggota IKAPDA Lhokseumawe-Aceh Utara dan beberapa donatur umum lainnya, antara lain: Syekh Fadhil Rahmi (Anggota DPD RI), Yuli Mayanti, M.H. (Jakarta), Ibu Cut (Satpol PP Lhokseumawe), Refky (PT. Dongjin Chemical-Banten), Azwar (Pimpinan Syahbandar Lhokseumawe), Herni (Bungkah), Mahdi (Puncak Hill Resto Gunung Salak), Fachrurrazi (Ka. SDN 1 Muara Dua), Khotijah (Guru SDN 9 Muara Dua), dll. Jika dihitung secara matematis, dari dana yang terkumpul hingga saat ini dengan taksasi pengeluaran tidaklah mencukupi. Namun kami sudah belajar dari pengalaman tahun lalu dan dengan keyakinan, bahwa untuk berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan ini, kami yakin akan tercukupi min ḥaiṡu lā yaḥtasib (dari sumber yang tak terduga)”.


Yazid kembali menyampaikan: “Paket iftar yang dibagikan mungkin tidak seberapa, namun di dalamnya terkandung nilai-nilai, di mana kami, setidaknya, belajar berbagi rezeki dari apa yang kami dapat, kami belajar amanah terhadap titipan dari para donatur, dan kami juga berbahagia saat melihat yang menerima turut berbahagia sembari memanjatkan doa buat kami. Dan hanya rida Allah-lah yang hanya kami harap. 


Bagi kaum muslimin dan siapa pun yang ingin menitipkan amanah dalam program Berbagi Iftar Berbagi Bahagia bersama IKAPDA di bulan Ramadan ini, insyallah panitia siap menjaga amanah para donatur. Untuk itu, panitia terus membuka tangan dan menerima donasi yang dapat dikirim melalui  Rek. Bendahara (BSI nomor: 1053082749) an. Hend Rahmadi, imbau Yazid di akhir kegiatan hari ini.(Admin)
Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect