Sabtu, 14 Agustus 2021

Manajemen Pendidikan Madrasah dan Pesantren (Kumpulan Artikel Penelitian)

rangkangbelajar.com| Halaman ini merupakan wadah informasi bagi para pembelajar dalam menemukan referensi pendukung karya tulis ilmiah. Pada halaman ini Anda disuguhkan dengan karya tulis ilmiah yang dimuat pada jurnal-jurnal terkreditasi SINTA. Untuk memudahkan para pembelajar, maka dalam halaman ini dimuat karya tulis yang disusun sesuai dengan kebutuhan Mata Kuliah terkait “Lembaga Pendidikan Islam (Madrasah dan Pesantren)” yang kiranya dapat dijadikan sumber bacaan tambahan. Klik judul, maka Anda akan terhubung ke sumber asli. Selamat membaca dan selamat belajar dan semoga bermanfaat.


  1. Desain Kurikulum Sekolah Islam Terpadu: Studi Kasus di SMPIT Insan Kamil Sidoarjo (Oleh: Muhammad Rojii, Istikomah, Choirun Nisak Aulina, Imam Fauji).
  2. Efektivitas dalam Implementasi Kurikulum Sekolah/Madrasah (Oleh: Agus Salim Salabi).
  3. Efektivitas Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Mutu Pendidikan MTsN 2 Mojokerto (Oleh: Achmad Krisbiyanto).
  4. Eksistensi Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Salaf di Era Globalisasi (Oleh: Mohammad Ma'ruf).
  5. Evaluasi Manajemen Pembelajaran di Madrasah (Oleh: Putriani L Maliki dan Alfian Erwinsyah).
  6. Filosofi Manajemen Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Qur'an (Oleh: Mira Marisa).
  7. Gaya Kepemimpinan di Madrasah Aliyah: Authentic, Tansformational, Authoritarian atau Transactional? (Oleh: Agus Purwanto, Masduki Asbari, Mirza Prameswari, Mohamad Ramdan).  
  8. Humas dalam Meningkatkan Citra Positif Sekolah (Oleh: Faishal).
  9. Humas dalam Perspektif Ontologis: Tinjauan Fungsional Manajemen Humas (Oleh: Faiz, Didik Rahwiniyanto).
  10. Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam Peningkatan Mutu Madrasah: Studi Kasus di MI Maarif Gondosuli Muntilan (Oleh: Fitratul Isma, Lailatul Munawwaroh).
  11. Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah (Oleh: Karseno Handoyo, Mudhofir, dan Maslamah).
  12. Implementasi Manajemen Keuangan dalam Menunjang Efektivitas Kegiatan di Yayasan Az-Zikra Sentul Bogor (Oleh: Heriyansyah, Muhammad Hidayat Ginanjar, Fina Mujahidah).
  13. Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup (Oleh Irwan Fathurrochman).
  14. Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Studi Kasus pada MTs Darul Khair Masing, Kec. Batui, Kab. Banggai, Sulawesi Tengah (Oleh: Nur Gamar).
  15. Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Pesantren: Studi Kasus Dayah Terpadu Al-Muslimun Lhoksukon Aceh Utara (Oleh: Ratna Maya Sari, Agus Salim Salabi).
  16. Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMAN Bareng Jombang (Oleh: Qurrotul Ainiyah dan Korida Husnaini). 
  17. Implementasi Pengelolaan Tenaga Pendidik di MI Az-Zahir Palembang (Oleh: Rachmad Sobri). 
  18. Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Bogor (Oleh: Sarifudin).
  19. Intensitas, Kualitas, Derajat Relevansi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah di Era Teknologi Komunikasi (Oleh: Mustaqim, Muhammad Hanif Fahmi, Lian Agustina Setiyaningsih).
  20. Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru MTsN Donomulyo Kulonprogo (Oleh: Jamroh Latief dan Nur Afifah Masruroh).
  21. Kepala Madrasah Transformatif (Oleh: Sumarto).
  22. Kepemimpinan Karismatik Kiai dalam Membangun Budaya Organisasi di Pesantren Salafiyah (Oleh: Muhamad Matin Shopwan Amarullah, Mulyani, dan Ari Prayoga).
  23. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatkan Motivasi Kerja Guru di MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri (Oleh: Ali Mustofa, Muhammad Abdul Alim).
  24. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Kinerja Guru di MAN 1 Pati (Oleh: Subaidi).
  25. Konsep Evaluasi Pendidikan Menurut Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim (Oleh: Wardi Suwandi, Abas Mansur Tamam, Wido Supraha).
  26. Konsep Pendidikan Islam dalam Berbagai Perspektif (Oleh: Faishal).
  27. Manajemen Asrama di Pesantren (Oleh: Djamaluddin Perawironegoro).
  28. Mengelola Efektivitas Organisasi Pesantren: Model Kesesuaian Budaya Organisasi (Oleh: Muhammad Anggung MP dan Agus Salim Salabi )

  29. Pengembangan Karier Guru di Pesantren Darul Ihsan Hampran Perak Deli Serdang (Oleh: Agus Salim Salabi)
  30. Strategi Komunikasi Kiai Pesantren Darul Falah dalam Perubahan Budaya Merariq Nyongkolan (Oleh: Muhamad Arifin, Akhmad Muadin, Agus Salim Salabi)
Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect