Senin, 12 September 2022

Studi Banding Pengelola Rumah Jurnal IAIN Lhokseumawe

Rangkangbelajar.com| Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Lhokseumawe melalui Kapus Penelitian dan Rumah Jurnal sebagai unit kerja yang mengkoordinasikan proses diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berikhtiar untuk menargetkan peningkatan akreditasi sejumlah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM/Fakultas di lingkungan IAIN Lhokseumawe pada rentang tahun 2021-2025. 

Jurnal yang diterbitkan oleh LPPM/Fakultas berjumlah 26 jurnal. Empat jurnal di antaranya baru terakreditasi dan secara bertahap, ke depannya ditargetkan 15 jurnal akan terakreditasi pada tahun 2025. Sementara 4 jurnal yang telah terakreditasi dapat terus meningkat akreditasinya. Sebagai upaya transformasi di bidang publikasi ilmiah dan Jurnal ilmiah, Plt. LPPM Dr. Said Alwi, M.A. menugaskan Tim Rumah Jurnal untuk melakukan studi banding ke Sekolah Vokasional UGM Yogyakarta, Relawan Jurnal Indonesia Yogyakarta, dan UIN Raden Mas Said Surakarta pada 6 s/d 8 September 2022. Program ini tentunya terlaksana setelah mendapat dukungan penuh dari Dr. Danial, M.Ag. selaku Rektor IAIN Lhokseumawe.

Pelaksanaan kegiatan studi banding dalam rangka penguatan, pengembangan, dan peningkatan kompetensi pengelola rumah jurnal yang diwakili oleh para Editor in Chief jurnal terakreditasi, yaitu: 1) Dr. Muhammad Anggung, M.Pd.I., Editor in Chief Jurnal Idarah (Sinta 4), 2) Dr. Agus Salim Salabi, M.A., Editor in Chief Jurnal ITQAN (Sinta 5), 3) Angga Syahputra, M.E.I., Editor in Chief Jurnal JESKape (Sinta 5), 4) Trie Nadilla, M.Si, Ak,CA., Editor in Chief Jurnal JIScan (Sinta 5), dan Muhammad Ilham, M.I.T., Penanggung Jawab IT OJS Rumah Jurnal.



Hari pertama (6/09/2022) Tim Jurnal berkunjung ke Sekolah Vokasional UGM yang membawahi 22 Jurnal Ilmiah. Tim Rumah Jurnal disambut hangat oleh tuan rumah dan dilayani dengan sangat baik pada sesi sharing dan diskusi. Banyak informasi yang didapat terkait kiat-kiat pengelolaan jurnal, antara lain: konsistensi dalam pelembagaan dan strukturalisasi yang jelas, perlunya lembaga pengawas jurnal sebagai tim teknis, pengelola (editorial team) jurnal yang fokus pada workflow dan substansi artikel. Adapun Badan Pengawas berperan sebagai controller, supervisor, dan remainder.
 


Kantor Relawan Jurnal Indonesia yang beralamat di Gang Masjid Al Huda II, RT 01 RW 18, Gamping Kidul, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi destinasi di hari kedua (7/09/2022). Tim Rumah jurnal IAIN Lhokseumawe mendapat banyak masukan setelah dilakukannya bedah jurnal dan evaluasi diri jurnal pada aspek komponen editorial board. Terkait konsistensi, baik template, jenis, ukuran font, dll. juga menjadi catatan penting untuk diperhatikan.
 


Selanjutnya Tim Rumah Jurnal berkunjung ke Omah Jurnal UIN Raden Mas Said Surakarta (8/09/2022). Di sini, Tim jurnal Lhokseumawe diajak berdiskusi sekaligus mendapatkan arahan dalam mengevaluasi jurnal dari Tim Jurnal UIN Surakarta. Adanya Dewan Pengawas sistem jurnal lagi-lagi menjadi catatan penting untuk segera dibentuk. Sementara unit Fakultas bertanggung jawab terhadap jurnal masing-masing program studi. Sistem pendampingan dan targetting dapat membangkitkan semangat para pengelola jurnal untuk berlomba-lomba dalam meningkatkan akreditasi (Istibāqul khairāt).

Aggung selaku ketua Tim studi banding menyampaikan, "Dengan kegiatan studi banding diharapkan adanya optimalisasi pengelolaan jurnal di lingkungan IAIN Lhokseumawe. Dengan program-program pendampingan, terutama pada jurnal-jurnal yang belum terakreditasi tentunya akan ada peningkatan kualitas publikasi artikel." Adapun fokus kegiatan Tim Jurnal pasca studi banding adalah perbaikan dan pengembangan terhadap beberapa hal, antara lain: penamaan jurnal, kelembagaan penerbit, penyuntingan manajemen jurnal, substansi artikel, gaya penulisan, penampilan, keberkalaan, dll." (Admin)

Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect