Kamis, 17 November 2022

Praktik Pengalaman Lapangan

Rangkang Belajar | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa semester 7 pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Lhokseumawe yang telah menyelesaikan tidak kurang dari 142 SKS beban Mata Kuliah. Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk melatih mahasiswa, menguatkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran sesuai jurusan/program studi masing-masing, sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman yang nyata dan dapat digunakan sebagai penguat kompetensi yang mereka miliki.
Kegiatan PPL, sederhananya adalah kegiatan praktik mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa dengan cara menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sebelumnya telah dipelajari selama kuliah ke dalam praktik mengajar di lembaga-lembaga pendidikan yang telah melakukan perjanjian kerja sama dengan pihak kampus, dalam hal ini adalah kereja sama satuan-satuan pendidikan di wilayah Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe sekitarnya dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe.


PPL juga menjadi momen implementasi sebuah kalimat bijak yang sering didengar “Sebaik-baiknya belajar adalah dengan mengajar. Ungkapan ini, jika disandingkan dengan makna yang senada, maka akan didapati kalimat indah dalam kitab adabul ‘ālim wal muta’allim yang berbunyi: “al-‘ilmu bilā ‘amalin kasy-syajari bilā ṡamarin”, Ilmu yang tidak dimalkan bagaikan pohon yang tak berbuah. Dan jika disandingkan lagi dengan kalimat yang lebih agung, maka akan didapati Sabda Nabi Muhammad saw. dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Bukhari, bahwa Rasulullah bersabda: “Khairukum man ta’allma al’Qur’āna wa ‘allamahu”, sebaik-baik kamu adalah yang belajar Al-Qur’an dan kemudian mengajarkannya.
Untuk itu pulalah kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2022/2023 dengan tema “Mewujudkan Calon Tenaga Pendidik dan Kependidikan Profesional, Islami, dan Berwawasan Global” dilaksanakan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga bulan, sejak tanggal 15 September 2022 dan berakhir pada tanggal 15 November 2022. 


Tujuan PPL adalah untuk melatih mahasiswa FTIK yang yang memiliki profil sebagai calon guru agar memiliki kemampuan memperagakan kinerja dalam keadaan nyata, yaitu kegiatan belajar mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya di ruang kelas yang sesungguhnya. Sementara pengalaman sebelumnya yang didapat mahasiswa hanya dari kegiatan micro teaching di ruang belajar kampus, dan pada PPL-lah mereka diterjunkan langsung di lingkungan sekolah yang sesungguhnya.


Praktik Pengalaman Lapangan tahun 2022 ini melibatkan semua mahasiswa semester 7 dari 8 Jurusan/Program Studi di lingkungan FTIK dengan beberapa aktivitas, antara lain adalah: 1) melaksanakan kegiatan pembelajaran terjadwal (praktik terbimbing dan praktik mandiri), 2) melakukan konsultasi dan refleksi praktik pembelajaran yang telah dilakukan, 3) membuat jurnal aktivitas, 4) mengoreksi pekerjaan siswa, dan 5) mendiagnosis kesulitan-kesulitan proses belajar mengajar.
Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect