Selasa, 14 Maret 2023

Asesmen Lapangan LAMDIK terhadap Prodi MPI IAIN Lhokseumawe


Rangkang Belajar | Asesmen lapangan oleh lembaga akreditasi mandiri terhadap program studi merupakan proses evaluasi yang dilakukan untuk menilai kualitas dan keberhasilan program studi dalam mencapai tujuan dan standar yang telah ditetapkan. Evaluasi ini dilakukan oleh lembaga akreditasi mandiri yang bertugas untuk memastikan bahwa program studi tersebut memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga yang relevan.

Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) melaksanakan Proses Asesmen Lapangan (AL) terhadap Program Studi (Prodi) Manajamen Pendidikan Islam (MPI) FTIK IAIN Lhokseumawe selama dua hari (13-14 Maret 2023). Dalam kegiatannya, LAMDIK yang menghadirkan Dr. Ikhsan, M.M. sebagai Asesor 1 dan Dr. Dedy Achmad Kurniady, M.Pd. sebagai Asesor 2, melalui Zoom Meeting mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber, termasuk dari mahasiswa, dosen, alumni, dan pihak eksternal yang terkait dengan program studi tersebut. Data dan informasi yang didapat selanjutnya dianalisis dan dievaluasi untuk menentukan sejauh mana program studi tersebut memenuhi standar dan persyaratan yang telah ditetapkan.


Dalam kegiatan AL LAMDIK terhadap Prodi MPI, hadir Wakil Rektor 1 IAIN Lhokseumawe untuk membuka acara. Selanjutnya Dekan FTIK, Dr. Jumat Barus, M.S. menyampaikan dalam pengantarnya, "Bahwa kegiatan asemen ini, bukan sekadar nilai atau predikat akhir bagi prodi yang diharapkan, namun juga dapat memberikan saran dan masukan dalam pengembangan program studi MPI secara kusus dan delapan program studi lainnya di lingkungan FTIK IAIN Lhokseumawe. Hadir juga dan turut mendampingi Tim Lembaga Penjaminan Mutu; Dr. Zulfikar Ali Buto, M.A. (Ketua LPM), Dr. Agus Salim Salabi, M.A. (Sekretaris LPM), Lisa, M.Pd. (Kapus. Audit & Pengendalian Mutu), dan Sarah Fazilla, M.Pd. (Kapus. Pengembangan Standar Mutu). 


Hasil dari proses asesmen lapangan akan digunakan sebagai dasar untuk memberikan akreditasi pada program studi tersebut. Akreditasi adalah pengakuan resmi bahwa program studi tersebut memenuhi standar dan persyaratan yang telah ditetapkan, dan telah terbukti mampu memberikan pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswanya. Hal ini menjadi penting karena dapat mempengaruhi reputasi dan kredibilitas program studi serta institusi pendidikan.


Dr. Muhammad Fadhli, M.Pd. selaku Ketua Prodi MPI menyampaikan: "Tim borang MPI telah mempersiapkan segala yang diperlukan untuk kegiatan AL ini sejak beberapa bulan sebelumnya. Kami berharap hasil yang diperoleh nantinya sepadan dengan tenaga dan pikiran yang dikeluarkan semua pihak yang terlibat. Namun apa pun hasil yang diterima nantinya tetap akan kami jadikan panduan untuk terus melakukan pengembangan Prodi MPI dalam segala aspek". (Admin) 

Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect