Rabu, 28 Juni 2023

Audit Mutu Internal untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan IAIN Lhokseumawe

(Kiri atas: AMI di lingkungan FEBI, Kiri bawah: AMI di lingkungan FUAD, Kanan atas: Ami di lingkungan FTIK, Kanan bawah: AMI di lingkungan FASYA)

Rangkang Belajar | Untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Lhokseumawe telah melaksanakan program Audit Mutu Internal (AMI). Kegiatan ini dilakukan mulai tanggal 19 hingga 22 Juni 2023 di empat fakultas dan Pascasarjana di kampus tersebut. AMI adalah bagian dari program rutin tahunan yang bertujuan untuk memastikan bahwa IAIN Lhokseumawe mempertahankan standar kualitas pendidikan yang tinggi dan memenuhi persyaratan akademik. Audit ini melibatkan tim auditor yang terdiri dari dosen-dosen lintas fakultas. Mereka melakukan pemeriksaan mendalam terhadap dokumen pendukung berbagai aspek pendidikan di setiap fakultas dan program studi.

Dr. Zulfikar Ali Buto, M.A., Ketua LPM IAIN Lhokseumawe menjelaskan bahwa AMI bertujuan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan sejauh mana capaian budaya mutu telah dijalankan. Selama empat hari berlangsungnya audit mutu internal, tim auditor dan koordinator dari LPM IAIN Lhokseumawe melakukan peninjauan terhadap dokumen capaian kinerja Fakultas dan Pascasarjana serta masing-masing Prodi berdasarkan daftar tilik.

Dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Bastiar, M.A. menjadi Ketua tim auditor. Sementara itu, di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Nurul Khansa Fauziyah, M.Si. memimpin tim auditor. Fakultas Syariah diawasi oleh Dr. Nurul Fadhilah, S.Pd.I., M.Hum., dan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah oleh Dr. Yusnaini, S.Ag., M.Pd. Selanjutnya, pelaksanaan AMI berlangsung di lingkungan Pascasarjana dengan Dr. Nurlaila, M.Pd. sebagai Ketua tim auditor.

Lisa, M.Pd, Kapus. Audit dan Pengendalian Mutu yang bertanggung jawab atas pelaksanaan AMI tahun 2023, menjelaskan bahwa LPM IAIN Lhokseumawe sangat berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi harapan mahasiswa dan masyarakat. AMI menjadi program penting dalam menganalisis dan mengevaluasi kegiatan internal berjalan sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan. Program AMI yang teratur dan komprehensif merupakan bukti komitmen IAIN Lhokseumawe dalam memberikan pendidikan berkualitas kepada mahasiswanya, menjaga reputasi institusi, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang diberikan oleh IAIN Lhokseumawe.

(Dr. Zainuddin Hasibuan, M.S. Ketua Lembaga Bahasa dan Nurul Akmal, M.Pd.Sekretaris Prodi PPG melakukan audit pada Lembaga Penjaminan Mutu)

Upaya peningkatan mutu pendidikan di IAIN Lhokseumawe tidak berhenti di sini. Seminggu setelah pelaksanaan AMI di lingkungan Fakultas, Pascasarjana dan program studi, LPM IAIN Lhokseumawe kembali menggelar program AMI kepada unit-unit kerja layanan pendidikan pada tanggal 26-27 Juni 2023. AMI kepada unit-unit kerja layanan pendidikan bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan efektivitas unit-unit layanan pendidikan. Tim auditor yang melaksanakan AMI dipilih melalui proses pendaftaran bagi para dosen yang telah mengikuti pelatihan terkait.

Untuk menghasilkan pelaksanaan AMI yang Profesional, Penyajian yang wajar, Ketelitian, Independen, dan berdasar bukti, tim Auditor disusun melalui proses pendaftaran bagi para dosen yang  telah mengikuti pelatihan terkait. Berikut adalah tim auditor yang bertugas: 1) Almira Keumala Ulfa, M.Si., Ak., CA. dan Linur Ficca Agustina, M.Kes. pada UPT Perpustakaan, 2) Dr. Bastiar, M.A. dan Dr. Bukhari, M.H. pada Satuan Pengawas Internal, 3) Dr. Nurlaila, M.Pd. dan Nurul Hikmah, M.Pd. pada UPT Ma’had Al-Jami’ah, 4) Dr. Yusnaini, M.Pd. dan Hidayatina, M.A. pada Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, 5) Dr. Rahmy Zulmaulida, M.Pd. dan Muhammad Ihsan, M.H. pada Subbagian Organisasi Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan, 6) Nurul Khansa Fauziyah, M.Si. dan Dr. Bukhari, M.H. pada Bagian Perencanaan dan Bagian Keuangan, 7) Dr. Nurul Fadhilah, M.Hum. dan Rizka Rivensky, M.A. pada UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data, 8) Muhammad Ilham, M.I.T. dan Dr. Bukhari, M.H. pada UPT Pengembangan Bahasa, 9) Dr. Ismail, M.A. dan Dwhy Dinda, Sari, M.Pd. pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 10) Dr. Zainuddin Hasibuan, M.S. dan Nurul Akmal, M.Pd. pada Lembaga Penjaminan Mutu.

Diharapkan hasil dari AMI ini akan menjadi dasar bagi pengambilan keputusan dan perencanaan strategis dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan di IAIN Lhokseumawe. Pelaksanaan AMI diharapkan dapat membantu mengidentifikasi best practice dan memperkuat sistem manajemen dan pengendalian mutu di kampus ini. Melalui upaya yang komprehensif ini, IAIN Lhokseumawe berkomitmen untuk terus meningkatkan standar mutu pendidikan dan layanan pendidikan kepada mahasiswa dan seluruh tenaga pendidik dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat mencapai perubahan positif dan berkelanjutan dalam penyelenggaraan pendidikan.

Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect