Minggu, 22 Oktober 2023

Semangat Hari Santri: Expo Kemandirian Pesantren di IAIN Lhokseumawe Berlangsung Meriah

Rangkang Belajar | Guna memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2023, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe telah menyelenggarakan Expo Kemandirian Pesantren selama tiga hari, dimulai dari tanggal 21 hingga 23 Oktober 2023. Event ini berlangsung meriah di Gedung Serbaguna kampus IAIN Lhokseumawe Buket Rata-Alue Awe, dengan memperkenalkan potensi produk-produk yang dimiliki pesantren kepada masyarakat.

Acara pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal 21/10/2023 ini juga bertujuan untuk mempromosikan semangat kemandirian yang melekat dalam prinsip pesantren yang lebih dikenal dengan sebutan “dayah” untuk wilayah Aceh. Pameran Expo Kemandirian Pesantren mencakup berbagai kegiatan, seperti bazar produk UMKM Pesantren Istighasah dan zikir maulid, upacara Hari Santri yang dilaksanakan pada tanggal 22/10/2023, bedah buku, lomba karya tulis ilmiah, lomba menulis caption tentang Hari Santri, dan pengamatan bulan internasional.

Semangat peringatan Hari Santri ini juga ditularkan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah yang menggelar kegiatan “Syariah Fair” dengan menghadirkan berbagai macam perlombaan tingkat SMA sederajat, seperti lomba Syarhil Quran, Tahfidz, dan pidato Bahasa Indonesia.

Dr. Darmadi, M.Si, Wakil Rektor III IAIN Lhokseumawe yang mewakili Rektor, dalam sambutannya menjelaskan bahwa peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 bertujuan untuk merayakan dan menghormati peran penting dayah dan para santri dalam memajukan pendidikan dan nilai-nilai keagamaan di Indonesia. Darmadi juga menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi kesempatan yang tepat untuk mendukung semangat kemandirian dan inovasi yang sejak lama menjadi ciri khas Pondok Pesantren di seluruh negeri.

Dengan keterlibatan sebelas dayah dan lima belas sekolah dari wilayah Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, acara ini akan memperkuat kerja sama antarlembaga pendidikan di daerah tersebut serta mempromosikan keberagaman dan keunggulan yang dimiliki oleh masyarakat setempat dalam memajukan pendidikan dan ekonomi. (Admin)

Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect