Minggu, 21 Februari 2021

Pelatihan Menulis


Kegiatan IKAPDA Aceh Utara-Lhokseumawe
(Repost)

rangkangbelajar.com|  Semangat menggalakkan cinta menulis dan membaca di kalangan pelajar kali ini dilakukan di Dayah Modern Arun (Damora) Lhokseumawe. Kata menulis sengaja didahulukan, karena dengan menulis setiap orang pasti membaca. Sebaliknya, dengan membaca belum tentu orang akan menulis. Setidaknya kaliamat ini senada dengan makna literasi yang dikemukakan Harvey J. Graff. Menurut Graff, literasi merupakan kemampuan dalam diri seseorang untuk menulis dan membaca. Sepetinya ungkapan ini yang dijadikan alasan Bang Toba dan kawan-kaan yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Darularafah Raya cabang Aceh Utara-Lhokseumawe untuk melakukan kegiatan sosial literasi sebagai bentuk kepedulian dan sumbangsih bagi dunia pendidikan.

Tanggal 15 Maret 2019 pelatihan (workshop) menulis di Damora diselenggarakan, dengan tema “Kepingin Nulis, tapi Gak Tau Mulai Dari mana”, dan dalam kegiatan ini Bang Toba (Sabaruddin Simbolon, M.H.I.) bertindak sebagai pemateri.

(Sumber: Album Kegiatan IKAPDA Aceh https://m.facebook.com/ikapdaaceh/photos/pcb.2286698991654178/2286698764987534/?type=3&source=49)

Baca juga: IKAPDA "Bedah Buku"
 

Kegiatan workshop menulis yang diselenggarakan di komplek Damora ini memproyeksikan terbitnya sebuah buku karya santri-santri Damora dan beberapa tenaga pengajarnya (asātiẓah) yang akan di-launching bersamaan dengan kegiatan bedah buku "Logika Kemuliann Hidup; Menjaga Tradisi Mewarisi Modernitas"  yang tak sempat dihadiri oleh Bang Toba, karena Allah Swt. lebih dahulu memanggil beliau.

Tafham, ta’mal, fayakūn (Anda paham, Anda kerjakan, maka jadilah). Setelah ini, terus beraksi! dan kami akan bantu mengedit serta menerbitkan tulisan Anda.” Begitulah ungkapan Bang Toba dalam rangka memotivasi dan menyemangati para peserta workshop (santri-santri Damora) agar terus bangkit semangat literasi mereka. (Admin)

(Sumber: Album Kegiatan IKAPDA Aceh https://m.facebook.com/ikapdaaceh/photos/pcb.2286698991654178/2286698764987534/?type=3&source=49)




Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect