Senin, 17 Oktober 2022

Membangun Komitmen melalui Rapat Kerja FTIK IAIN Lhokseumawe

Rangkang Belajar. Dalam rangka penguatan, penyamaan persepsi terhadap program kerja yang telah disusun sebelumnya, Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe mengadakan kegiatan rapat kerja yang berlokasi di Grand Renggali Hotel Takengon, dengan mengangkat tema “Arah Pengembangan FTIK IAIN Lhokseumawe Menuju Established University”. 
Dekan FTIK, Dr. Jumat Barus, M.S. mengundang jajarannya yang terdiri dari para Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Koordinator Gugus Kendali Mutu (GKM) Jurusan, Ketua GKM FTIK, Pengawas Jurnal di lingkungan FTIK, dan Kabag./Kasubbag. Akademik FTIK beserta para stafnya. Turut hadir dalam kegiatan rapat kerja ini Rektor, Wakil Rektor III, dan baberapa tenaga kependidikan di lingkungan rektorat IAIN Lhokseumawe. 


Dalam laporan kegiatan yang berlangsung dari tanggal 14 s.d 16 Oktober 2022, Dr. Agus Salim Salabi, M.A. selaku Koordinator acara menyampaikan, “Rapat kerja FTIK menuntut para peserta yang dibagi ke dalam empat komisi untuk berdiskusi, mengevaluasi kegiatan yang telah berjalan, mengurai secara mendalam dan konkret kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan ke depannya dengan menentukan luaran, lokasi, pelaksana, pembiayaan, serta memberikan rekomendasi yang dipaparkan oleh masing-masing perwakilan komisi." Hal ini sebagai usaha nyata dalam menapaki tangga pertama (fase penataan/meusanet) untuk menuju IAIN sebagai Established University di tahun 2025 sebagaimana roadmap yang tercantum dalam Rencana Induk Pengembangan IAIN Lhokseumawe.


Dalam paparan materi tentang “Arah dan Tujuan FTIK dalam Pengembangan Fakultas pada Tahap Penataan (Meusanet) 2021-2025”, Dr. Jumat Barus, M.S. menyatakan, bahwa visi FTIK adalah "FTIK Unggul di Tingkat ASEAN, Berbasis Digital dan Kearifan Lokal Tahun 2040". Karenanya, untuk menggapai mimpi itu, FTIK memilik sasaran sebagai berikut:
  1. Lebih dari 50% lulusannya harus memiliki IPK  di atas 3.50, memiliki skor TOEFL atau TOAFL lebih besar 500, berkarakter islami dan kearifan lokal, memiliki kemampuan IT yang baik, dan bekerja sesuai bidang keilmuan. 
  2. Lebih dari 50% dosen berkualifikasi doktor, dan lebih dari 50% menduduki jabatan Lektor Kepala atau Guru Besar.
  3. Proses pembelajaran berbasis IT dan riset didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap.
  4. 60% dari kegiatan di laboratorium dan ekstrakurikuler berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spritual, sosial, minat dan bakat, serta edupreneur mahasiswa. 
  5. 40% penelitian sebagai basis pengembangan keilmuan, pembelajaran, dan transformasi sosial.
  6. Mencapai  lebih dari 50 kerja sama dengan instansi pemerintah/swasta berskala lokal, lebih dari 50 kerja sama berskala nasional, dan lebih dari 10 kerja sama berskala internasional.
  7. Minimal 40% Program Studi terakreditasi Unggul. 
  8. Minimal 80% Jurnal Ilmiah terakreditasi Sinta 4, 3, dan 2.

Untuk dapat mewujudkan cita-cita institusi sebagaimana yang tersimpul dalam visi IAIN, yaitu: "Menjadikan IAIN Lhokseumawe unggul di tingkat ASEAN dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kelembagaan berbasis digital dan kearifan lokal pada 2040”, Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr. Danial, M.Ag. mengingatkan kepada peserta rapat kerja FTIK akan pentingnya knowledge management; yaitu bagaimana pengetahuan dikelola oleh individu kemudian menjadi sebuah kekuatan kolektif untuk pengembangan Fakultas”. Rektor juga menguatkan: “Kumpulkan semua potensi dan kurangi semua kelemahan yang ada di masing-masing unit kerja”.


Rapat Kerja FTIK IAIN Lhokseumawe juga diisi dengan outboud dalam rangka membangun tim (team building) di hari terakhir, Ahad, 16/10/2022. Selain kecerian, keakraban, dan kesetaraan, para peserta juga dapat mengambil banyak pembelajaran terkait nilai-nilai komitmen, komunikasi, trust, kesiap-siagaan, fokus kerja, dan teamwork dari permainan-permainan yang disajikan. (Admin).
Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect