Senin, 08 Februari 2021

Buku-buku tentang Pesantren

Download!
Buku Bilik-bilik Pesantren merupakan kumpulan tulisan-tulisan Nurcholish Madjid (Cak Nur) yang memuat tentang: Kondisi ideal bagi pesantren, Kiprah pesantren, dan Masalah masalah yang dihadapi pesantren. Buku ini dilengkapi dengan sebuah pengantar dari Azyumardi Azra dan apendiks yang terdiri dari dua tulisan. Tulisan pertama diambil dari makalah Pak Malik Fadjar dalam salah satu Diskusi Panel tentang pesantren yang diselenggarakan oleh Lembaga Kemahasiswaan dan Yayasan Pembina Masjid Salman ITB. Sedangkan tulisan kedua, yang semula terdiri dari tiga artikel merupakan laporan tim Kompas (14 Oktober 1996), tentang seminar memperingati 70 tahun usia Pondok Modern Gontor Ponorogo.


Download!
Buku karya KH. Saifuddin Zuhri, Guruku Orang-orang dari Pesantren diterbitkan pertama kali pada tahun 1974. E-book ini merupakan koleksi untuk dibaca dengan menggunakan gadget. Lahir karena dorongan rasa cinta pada buku-buku bermutu tinggi,  namun sulit diperoleh di pasaran. Anda dianjurkan untuk membeli buku yang asli guna menghargai karya penulis dan semua pihak yang telah mengusahakan penerbitan buku ini.







Download!
Buku Model Pesantren sebagai Alternatif Pendidikan Masa Kini dan Mendatang yang ditulis oleh Dr. H. Mansur Alam, M.Pdi. layak dibaca oleh para pengelola pesantren, para guru/ustadz, juga peserta didik, murid dan santri, dengan harapan dapat memberi jawaban bagaimana model pesantren modern yang relevan dengan kebutuhan masyarakat untuk masa kini dan masa mendatang, sehingga menjadi lembaga yang favorit yang diminati oleh kalangan menengah dan atas.Buku disusun untuk memberi kontribusi pemikiran-pemikiran konsepsional, teoretis dan bahkan juga menyentuh dimensi praktisnya agar bisa dijadikan rujukan dalam mengembangkan pola pesantren modern yang komprehensip yang bisa dijadikan alternatif pendidikan masa kini dan masa mendatang.



Download!
Buku yang ditulis Dr. Agus Pahrudin, M.Pd. dan Drs. Amiruddin, M.Ag. ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan literatur klasik di pesantren salafiyah dan juga bentuk-bentuk pergeseran serta penyebabnya dalam rangka menghadapi perkembangan IPTEKs dan masyarakat saat ini. Di samping itu, juga untuk menggambarkan kondisi, nilai, dan pengaruh literatur tersebut yang masih dapat dimanfaatkan oleh masyarakat lingkungan pesantren. Buku ini sangat layak untuk dimiliki sebagai referensi dalam bidang kepesantrenan.






Dalam buku kenang-kenangannya (tetapi uraiannya malah sangat  padat dengan berbagai permasalahan teori), After the Fact: Two Countries, Four Decades, One Anthropologist (Harvard University Press,  1995) Clifford Geertz (1926-2006), sang pengarang, mengatakan bahwa ketika ia menyerahkan buku hasil penelitiannya tentang “Mojokuto” ini ke penerbit, ia memberi judul The Religions in Java (Agama-agama di Jawa). Tetapi penerbit tidak menyetujuinya. Penerbit menginginkan judul yang lebih “ramah” The Religion of Java. Ia menerima saja karena memang terasa agak netral, betapapun terasa aneh bunyinya..., - Selengkapnya...








Pengkajian pesantren dan masyarakat sebagaimana terlihat pada judul dengan  titik tekan pada peran Pondok Pesantren Langitan, sebagai pusat pencerahan intelektual ummat adalah sesuai dengan peminatan, mengingat sebelum menempuh program doktoral tahun 1978, Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam, penulis (Abdul Wahid Hasyim) pernah lama tinggal dan menempuh pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo..., Selengkapnya...
















Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect