Kamis, 22 April 2021

Program Berbagi Takjil IKAPDA Aceh Utara-Lhokseumawe

rangkangbelajar.com| Bulan Ramadan dikenal dengan bulan penuh berkah, bulan yang spesial karena setiap kebaikan akan mendapat ganjaran pahala yang berlipat dari Allah. Banyak cara untuk melakukan kebaikan di bulan Ramadan, di antaranya adalah saling berbagi yang sudah menjadi tradisi dan menjadi pemandangan yang sering dijumpai di bulan Ramadan. Seperti banyaknya orang-orang yang membagikan takjil di pinggir jalan menjelang magrib atau masjid-masjid yang ramai diisi dengan berbagai macam menu berbuka puasa.


Selain amalan berpuasa yang mendapatkan pahala berlipat, setiap muslim juga berkeyakinan, bahwa memberi makan orang yang berpuasa pun mendapatkan kedudukan yang istimewa, bahkan pahalanya sama seperti orang yang berpuasa. Terlebih jika diberikan kepada mereka yang membutuhkan bantuan. 
Rasulullah Saw. pernah menyampaikan:
“Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. At-Tirmidzi)

Dari Anas, dikatakan: "Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama? Rasul menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadan'.” (HR At-Tirmidzi). 

Rasulullah Saw. adalah orang paling dermawan di antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan,” (HR Bukhari dan Muslim). 
Para ulama menarik simpulan, bahwa berbagai hadis yang telah disebut merupakan anjuran kepada umat Islam untuk memperbanyak sedekah dan berbuat baik secara umum mengingat ganjaran kebaikan yang berlipat ganda pada bulan Ramadan.

Seseorang dianjurkan untuk memperbanyak sedekah pada bulan Ramadan, terlebih lagi pada 10 hari terakhirnya,” (Syekh M Nawawi Banten, Nihāyatuz Zain, Bandung: Syirkah Al-Ma’ārif, tt., 183). 
Orang berpuasa dianjurkan segera memperbanyak sedekah karena Rasulullah Saw. adalah orang paling murah hati di bulan Ramadan. Seseorang dapat melakukan kebaikan secara umum karena ganjaran amal kebaikan apapun bentuknya akan dilipatgandakan dibandingkan ganjaran amal kebaikan yang dilakukan di luar bulan Ramadan.” (Syekh Ibrahim Al-Baijuri, Hasyiyatul Baijuri, Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah, 1999 M/1420 H, cet. Ke2, juz I, h. 562).



Berbuat kebaikan dengan berbagi selama bulan Ramadan ini memiliki manfaat yang banyak. Dan dilatari oleh prisnsip khair an-nās anfa’hum li an-nās (sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat bagi banyak orang), Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Darularafah (IKAPDA Aceh Utara-Lhokseumawe) membuat program Berbagi Takjil yang dimulai sejak Ramadan kedelapan (20 April 2021) sampai akhir Ramadan dengan mengambil lokasi kegiatan di depan Bank BI Kota Lhokseumawe (Taman Riyadhah Kota Lhokseumawe).


Bang Yazid selaku ketua pelaksana program menyampaikan: “Bagi sahabat IKAPDA atau siapa pun yang berniat untuk turut andil dalam kegiatan Berbagi Takjil ini, IKAPDA Aceh Utara-Lhokseumawe Insyaallah dapat menyampaikan amanah tersebut kepada para sāimīn. Melalui program Berbagi Takjil, panitia menyediakan setiap harinya paket makanan/minuman (takjil) dan didistribusikan kepada para pengendara atau pejalan kaki di sekitar wilayah Kota Lhokseumawe yang melintas di kawasan Bank BI Kota Lhokseumawe (Taman Riyadhah Kota Lhokseumawe). 

Partisipasi atau sumbangan dari donatur yang ingin berbagi rezeki dalam program Berbagi Takjil ini dapat menghubungi Bang Yazid melalui nomor HP/WA: 0821-6255-8686 atau menyerahkannya langsung kepada panitia dalam bentuk makanan/minuman (takjil) di lokasi. Adapun donasi dalam bentuk uang (yang kemudian akan jadikan paket takjil oleh panitia), dapat disalurkan melalui rekening Bank BRI Syariah: 1053082749 an. Hendramahdi, HP/WA: 0852-7735-4251.
Dengan semangat berbagi, Bang Yazid mengajak semua kita: “Yuuuk... mendulang pahala di bulan penuh kemuliaan dan berkah ini. (Admin)


Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect