Sabtu, 04 Maret 2023

Program Studi PAI FTIK IAIN Lhokseumawe Gelar Workshop RPS OBE

Rangkang Belajar |  Rencana Perkuliahan Semester Outcome-Based Education (RPS OBE) menjadi salah satu strategi pembelajaran yang menempatkan perhatian pada hasil atau outcome belajar yang ingin dicapai oleh mahasiswa selama satu periode belajar. Dalam OBE, rencana perkuliahan disusun berdasarkan kemampuan yang ingin dicapai oleh mahasiswa setelah mereka menyelesaikan suatu program studi atau mata kuliah tertentu. Rencana perkuliahan semester OBE juga mencakup strategi pembelajaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, seperti metode pengajaran, bahan ajar, dan penilaian.

Dengan menggunakan rencana perkuliahan semester OBE, diharapkan mahasiswa dapat memahami dengan jelas tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan mengembangkan kemampuan-kemampuan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, rencana perkuliahan semester OBE juga dapat membantu dosen dalam merencanakan pembelajaran yang lebih terstruktur dan terfokus pada hasil pembelajaran yang diinginkan.

Workshop penyusunan RPS OBE yang digagas Dr. Yusnaini, M.Pd. selaku Ketua Prodi PAI FTIK Lhokseumawe berlangsung di Aula FTIK pada tanggal 3 Maret 2023 dengan menghadirkan Tim LPM IAIN Lhokseumawe; Sarah Fazilla, M.Pd. (Kapus. Pengembangan Standar Mutu) yang didampingi Lisa, M.Pd. (Kapus. Audit & Pengendalian Mutu) sebagai narasumber. Hadir pula dalam kegiatan workshop Dr. Jumat Barus, M.S. (Dekan FTIK) yang membuka acara dan Dr, Zulfikar Ali Buto (Ketua LPM IAIN Lhokseumawe). Para dosen di lingkungan Prodi PAI FTIK yang hadir menerima pencerahan dari narasumber terkait teknik merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), menentukan/memilih bahan kajian dan materi pembelajaran. Para peserta workshop juga melakukan praktik perancangan RPS OBE yang dipandu oleh narasumber.

Zulfikar (Ketua LPM) berharap, para dosen dapat merancang kegiatan pembelajaran yang inovatif, menarik, dan relevan dengan dunia kerja melalui RPS OBE. Hal ini menjadi penting dalam peningkatan kualitas pengajaran dan mendorong dosen untuk mengembangkan keahlian mereka di bidang Pendidikan Agama Islam, sehingga.mahasiswa akan memperoleh pengalaman yang lebih konkret dan dapat mengembangkan keahlian praktis yang diperlukan untuk bekerja, terutama pada bidang Pendidikan Agama Islam. (Admin)

Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect