Sabtu, 02 Desember 2023

Membangun Budaya Mutu Bersama: Wakil Dekan 2 FITK dan Ketua LPM UINSU Sambut Tim GKM dan Asesor BKD IAIN Lhokseumawe

Rangkang Belajar | Medan - Wakil Dekan 2 Dr. Muhammad Dalimunte, M.Hum. bersama Ketua dan Sekretaris Prodi di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sumatera Medan menyambut baik kunjungan tamu dari IAIN Lhokseumawe yang terdiri dari 10 orang dosen yang ditugaskan pada Gugus Kendali Mutu (GKM) dan lima orang asesor penilai Beban Kerja Dosen (BKD). Kegiatan benchmarking dengan tema “Membangun Budaya Mutu Bersama" dipenuhi dengan diskusi berbasis best practice dan inspiratif yang dapat diambil dari pengalaman UINSU Medan.

Acara yang digelar pada Jumat 1/122023 ini bukan sekadar pertemuan ramah tamah, tapi lebih sebagai momen saling memperkaya budaya mutu di kedua institusi. Dalam suasana yang hangat, Tim GKM dikoordinir oleh Dr. Agus Salim Salabi, M.A., Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Lhokseumawe, disambut dengan antusias oleh Wakil Dekan 2 FITK UINSU beserta jajaran pimpinan prodi di ruang rapat utama FITK.

Dipandu oleh Dr. Muhammad Fadhli, M.Pd., diskusi diarahkan untuk saling belajar dari pengalaman berharga tim GKM FITK UINSU dalam menangani tantangan penjaminan mutu dan memperkuat budaya mutu di lingkungan fakultas. Menurut Dr. Muhammad Dalimunte, kehadiran Tim GKM IAIN Lhokseumawe menjadi kesempatan emas untuk berbagi pengalaman dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan fakultas. Dalam sambutannya, Dalimunte menekankan pentingnya mengadopsi praktik terbaik dari institusi lain dengan fleksibilitas tinggi, "Apa yang baik, Ambil, Tiru, dan Modifikasi sesuai kebutuhan, “ATM-kan saja!” sahut Beliau.

Dari beberapa pernyataan peserta, kegiatan benchmarking ini memberikan manfaat signifikan bagi Tim GKM sebagai jembatan dari Lembaga Penjaminan Mutu Institusi, yang antara lain adalah: pemahaman mendalam terhadap praktik terbaik yang diterapkan di FITK UINSU Medan, membuka peluang untuk perbaikan dan kerja sama lebih lanjut dalam berbagai bidang, termasuk penelitian dan pengembangan kurikulum.

Sementara itu, di ruang LPM UINSU Medan, Ketua LPM UINSU, Dr. Muhammad Yafiz, M.Ag., bersama seluruh pengelola LPM lainnya juga menyambut antusias kunjungan lima asesor BKD yang sejalan dengan kegiatan benchmarking IAIN Lhoskeumawe. Rombongan asesor BKD dikoordinir oleh Dr. Zulfikar Ali Buto Siregar, M.A., selaku Ketua LPM IAIN Lhokseumawe sekaligus juga asesor BKD (Beban Kerja Dosen). Turut hadir dalam penyambutan, Prof. Dr. Azhari Akmal Tarigan, M.Ag. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik UINSU.

Dalam ruang LPM UINSU Medan, mereka mendalami praktik terbaik terkait pelaksanaan dan penilaian BKD, menemukan catatan penting yang mungkin menjadi landasan untuk perbaikan kinerja dosen di institusi mereka.

Kegiatan benchmarking ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara kedua fakultas dan Lembaga Penjaminan Mutu, membangun kualitas pendidikan serta budaya mutu yang lebih baik. Tim GKM dan Asesor BKD IAIN Lhokseumawe berambisi membawa pulang wawasan berharga untuk diterapkan dalam konteks lokal demi peningkatan mutu pendidikan di institusi mereka yang berkelanjutan. (Admin)

Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect