Selasa, 03 Agustus 2021

Kuliah Pengabdian Masyarakat (Pengalaman Bermasyarakat)

rangkangbelajar.com| Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) merupakan salah satu tugas akhir bagi Yuslinawati mahasiswa IAIN Lhokseumawe yang sedang mengambil program studi Ekonomi Syariah pada Fakultas FEBI. Adapun daerah sasaran pelaksanaan KPM Yuslina adalah Desa Ujung  Barat, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara. 


Menurutnya, hal yang menarik dari kegiatan KPM ini adalah pengalaman belajar dengan menghubungkan konsep-konasep akademis dan realitas kehidupan dalam masyarakat. KPM juga mengajak para mahasiswa ikut mengamati, menelaah, menarik kesimpulan dari data kondisi dan situasi wilayah kerja yang dikumpulkanya, kemudian merumuskan masalah yang dihadapi, lalu mengambil keputusan untuk menanggulanginya dengan berbagai cara yang sesuai dengan kondisi wilayah kerja dan kemampuan.


KPM menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan yang lebih luas dan mendapatkan pengalaman di masyarakat. KPM di masa pandemi Covid-19 ini menjadi berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, di mana mahasiswa menentukan sendiri lokasi KPM yang umumnya disesuaikan dengan daerah asal masing-masing mahasiswa. Sehingga KPM pada periode ini dapat digolongkan dalam KPM Mandiri,  
Kuliah Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan selama 25 mencakup bidang-bidang garapan yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat, antara lain adalah:

1. Bidang Pendidikan dan Keagamaan
  • Mengajar anak-anak bahasa Arab, Akidah dasar (pengenalan nama-nama Nabi, rukun iman, rukun Islam, nama-nama Malaikat, sifat Nabi, dan pengenalan keturunan/nasab Nabi).
  • Mengajar anak-anak TPA (ngaji malam).
  • Mengajarkan ilmu dasar-dasar matematika.
  • Melatih anak-anak dalam rangka persiapan perlombaan pidato, azan, hafalan  surah pendek, salawat, dan fardu kifayah, dll.
2. Bidang Sosial
  • Bimbimbingan  perkawinan  CATIN (Calon Pengantin)  oleh  BKKBN  Kabupaten  Aceh Tenggara.
  • Membersihkan masjid dan mengecat tembok pagar masjid desa.
  • Membantu warga dalam proses pembuatan kikil.
  • Membantu warga membersihkan kebun dan menanam sayuran.
  • Lomba kreativitas anak-anak TPA, dll.
3. Bidang Budaya
  • Mekhidang (berhidang) ke tempat rumah orang yang berduka.
  • Mengenakan pakaian adat dan ber-inai pada acara perpisahan KPM.

Program dan kegiatan dalam Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) salama 25 hari di Desa Ujung Barat Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara dapat dilaksanakan sebagaimana yang direncanakan. Dari beberapa program yang telah direncanakan, secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik dan lancar sebagaimana yang diharapkan. Jika ditinjau dari sisi waktu pelaksanaan yang relatif singkat (25 hari), maka hasil yang dicapai pada KPM di Desa Ujung Barat dapat dikatakan sangat memuaskan. (Yuslinawti)


Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect