Sabtu, 24 Juli 2021

Senam Anak Desa

Program Anak Sehat 
Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) IAIN Lhokseumawe
 
rangkangbelajar.com| Menjaga kebugaran tubuh di masa pandemi Covid-19 menjadi keharusan. Selain menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, maka olahraga menjadi salah satu upaya menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Banyak jenis olahraga yang dapat dijadikan pilihan, salah satu olahraga yang praktis dan ekonomis adalah olahraga senam yang bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan. 


Senam menjadi olahraga yang aman dan mudah dilakukan oleh semua kalangan dalam rentang usia yang cukup luas. Adapun manfaat kesehatan olahraga senam, antara lain adalah:
  1. Meningkatkan kebugaran tubuh; dengan gerakan senam yang ritmis dan dinamis nyaris mendorong semua anggota tubuh aktif bergerak yang dapat memacu keluarnya keringat. Saat keringat mengucur, biasanya tubuh akan terasa lebih segar. Karenanya, dengan mengikuti senam secara rutin, kebugaran tubuh akan ikut meningkat.
  2. Meningkatkan kesehatan tulang; saat melakukan gerakan senam, tulang dan sendi menjadi aktif bergerak, yang mana gerakan-gerakan tersebut sangat bagus untuk melatih kekuatan tulang. Risiko osteoporosis juga menurun tajam.
  3. Membantu menurunkan berat badan; salah satu motif orang berolahraga adalah untuk menurunkan berat badan. Gerakan yang dilakukan dalam senam akan membakar kalori dalam tubuh dan membuang zat-zat berbahaya lewat keringat, yang mana hal ini dapat membantu menurunkan berat badan.
  4. Memperbaiki mood; olahraga seperti senam dapat membantu memperbaiki mood. Saat melakukan gerakan senam, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang memicu munculnya perasaan senang. Karenanya, senam bisa berimbas pada banyak hal dan membuat hidup menjadi terasa lebih menyenangkan.
  5. Menyehatkan jantung; gerakan-gerakan tubuh yang terjadi saat senam sangat bagus untuk melatih kekuatan jantung dan paru-paru. Jika senam dilakukan secara rutin, maka otot-otot jantung menjadi lebih kuat, dan bukan tidak mungkin tubuh akan terhindar dari penyakit jantung.

Menyadari banyaknya manfaat olahraga senam, Ainun Mastura, Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris IAIN Lhokseumawe yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Angkatan V Gelombang II bersama mahasiswa lainnya di Gampong Blang Rimung Kecamatan Syamtalira Bayu Aceh Utara mengajak anak-anak desa untuk melakukan senam. Olahraga senam ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan dua kali dalam seminggu, di mana pesertanya adalah anak-anak desa yang awalnya kurang acuh dengan olahraga badan ini. 
Kegiatan ini menjadi momen untuk membiasakan gerak badan dan juga mengenalkan kepada anak-anak desa manfaat olahraga senam, terutama dalam menjaga kebugaran tubuh di saat wabah Covid-19 yang masih terus mewabah. Selain bagian dari upaya menjaga kebugaran tubuh, kegiatan senam juga menjadi wahana menjalin kebersamaan antara mahasiswa peserta KPM dengan warga masyarakat Gampong Blang Rimung. (Mastura)


Sub YouTube Channel Ikuti Channel YouTube Rangkang Belajar untuk mendapatkan konten baru seputar Pendidikan:

Tags :

bm
Created by: Admin

Media berbagi informasi dan pembelajaran seputar Pendidikan Islam (PEDI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan Lembaga Pendidikan Islam.

Posting Komentar

Ikuti Channel YouTube

Connect